Kamis, 29 Oktober 2020

 

SINTESIS KETERKAITAN MODUL 1.1

FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA

 

NAMA              : MULTASAM GAMAL

SEKOLAH        : SMAN 7 WAJO

KAB/PROV      : WAJO-SULAWESI SELATAN

 

Assalamu Alaikum wr wb

 

SALAM GURU PENGGERAK

 

Proses pembelajaran dikelas akan berhasil jika ada Kerjasama antara guru dan peserta didik, terkadang ada saja perilaku peserta didik kita yang terkadang membuat guru jeram. Sebelum saya mempelajari materi ini saya beranggapan bahwa:

1.    Peserta didik ibarat kertas kosong yang siap untuk diisi sesuai dengan keinginan guru.

2.    Mendominasi pengajaran dan lalai terhadap keinginan peserta didik dalam kelas.

3.    Guru menuntut peserta didik memiliki kemampuan kognitif yang sama, tanpa melihat minat dan bakat mereka.

 

 

 

 

 

Gambaran yang benar setelah saya mempelajari Filosofi Ki Hajar Dewantara tentang tujuan pendidikan yang seharusnya adalah:

1.    Anak bukanlah kertas kosong tetapi tuntutan anak kodrat anak selalu ingin merdeka, sehingga anak harus diberi kesempatan mengatur hidupnya sendiri namun tetap memperhatikan nilai-nilai kemanusiaan.

2.    Memerdekaan pembelajaran, ING NGARSO SUNG TOLODHO guru ibarat Among yang mampu menuntun/ mengembangkan kodrat yang dimiliki peserta didik, budaya dan karakternya agar bisa berjalan sesuai bakat dan minatnya agar bisa mencapai kebahagian yang setinggi-tingginya.

3.    Pendidikan Budi Pekerti, ING MADYA MANGONG KARSO guru memberi semangat dan motivasi, guru sebagai petani selalu menyiram dengan memberi nasehat dan arahan kepada peserta didik. Kodrat anak adalah bermain maka guru membuat anak bersemangat, melibatkan peserta didik dan mendengarkan pendapat mereka.

4.    Menghamba pada anak, TUT WURI HANDAYANI mendorong peserta didik mengeluarkan ide dan kreativitasnya agar bisa berkembang sesuai dengan kodratnya masing-masing. (Dolanan/kinder spellen) anak suka bermain, agar anak aktif mencari tahu, tanpa pasif menunggu diberitahu. Sehingga peserta didik merasa nyaman dan menyenangkan sehingga terwujudlah pembelajaran bermakna.

 

 

 

 

 

 


Kesiapan pembelajaran yang akan saya terapkan dikelas sesuai dengan filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah:

1.    Berkomitmen kepada diri sendiri untuk menerapkan pembejalaran sesuai dengan filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara.

2.    Mengenali karakter peserta didik dan bersahabat dengan mereka.

3.    Menerapkan metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik yang kreatif dan menyenangkan

4.    Berkolaborasi dengan rekan kerja/teman guru, tentu adanya dukungan dari kepala sekolah, guru, peserta didik, orang tua siswa dan komite sekolah.


*** Semoga bermanfaat ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyerahan Rapor X IPA 1 SMAN 7 WAJO Tahun Ajaran 2021/2022

  Assalamu alaikum wr wb Puji syukur kita panjatkan kehadiran Allah swt atas limpahan nikmat yang telah diberikan baik itu nikmat sehat, umu...