SINTESIS
KETERKAITAN MODUL 1.1
FILOSOFI PENDIDIKAN
KI HAJAR DEWANTARA
NAMA :
MULTASAM GAMAL
SEKOLAH :
SMAN 7 WAJO
KAB/PROV :
WAJO-SULAWESI SELATAN
Assalamu
Alaikum wr wb
SALAM GURU PENGGERAK
Proses
pembelajaran dikelas akan berhasil jika ada Kerjasama antara guru dan peserta
didik, terkadang ada saja perilaku peserta didik kita yang terkadang membuat
guru jeram. Sebelum saya mempelajari materi ini saya beranggapan bahwa:
1.
Peserta didik ibarat kertas kosong yang
siap untuk diisi sesuai dengan keinginan guru.
2.
Mendominasi pengajaran dan lalai terhadap
keinginan peserta didik dalam kelas.
3.
Guru menuntut peserta
didik memiliki kemampuan kognitif yang sama, tanpa melihat minat dan bakat
mereka.
Gambaran yang
benar setelah saya mempelajari Filosofi Ki Hajar Dewantara tentang tujuan pendidikan
yang seharusnya adalah:
1.
Anak bukanlah kertas kosong tetapi tuntutan
anak kodrat anak selalu ingin merdeka, sehingga anak harus diberi kesempatan
mengatur hidupnya sendiri namun tetap memperhatikan nilai-nilai kemanusiaan.
2.
Memerdekaan pembelajaran, ING NGARSO
SUNG TOLODHO guru ibarat Among yang mampu menuntun/ mengembangkan kodrat yang
dimiliki peserta didik, budaya dan karakternya agar bisa berjalan sesuai bakat
dan minatnya agar bisa mencapai kebahagian yang setinggi-tingginya.
3.
Pendidikan Budi Pekerti, ING MADYA
MANGONG KARSO guru memberi semangat dan motivasi, guru sebagai petani selalu
menyiram dengan memberi nasehat dan arahan kepada peserta didik. Kodrat anak
adalah bermain maka guru membuat anak bersemangat, melibatkan peserta didik dan
mendengarkan pendapat mereka.
4.
Menghamba pada anak, TUT WURI HANDAYANI
mendorong peserta didik mengeluarkan ide dan kreativitasnya agar bisa berkembang
sesuai dengan kodratnya masing-masing. (Dolanan/kinder spellen) anak suka
bermain, agar anak aktif mencari tahu, tanpa pasif menunggu diberitahu. Sehingga
peserta didik merasa nyaman dan menyenangkan sehingga terwujudlah pembelajaran bermakna.
![]() |
|||
![]() |
Kesiapan pembelajaran
yang akan saya terapkan dikelas sesuai dengan filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara
adalah:
1.
Berkomitmen kepada diri sendiri untuk
menerapkan pembejalaran sesuai dengan filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara.
2.
Mengenali karakter peserta didik dan bersahabat
dengan mereka.
3.
Menerapkan metode pembelajaran yang
berpusat pada peserta didik yang kreatif dan menyenangkan
4.
Berkolaborasi dengan rekan kerja/teman guru,
tentu adanya dukungan dari kepala sekolah, guru, peserta didik, orang tua siswa
dan komite sekolah.
![]() | ![]() | ![]() |
|||
*** Semoga bermanfaat ***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar